Tuesday 22 December 2015

Kerugian atau Resiko Jika Android di Root

Kerugian Jika Melakukan Root Pada Android
InfoWebTip - Root, Bicara tentang Root, mungkin kebanyakan para pembaca pengguna Smartphone Android sudah tidak asing dengan istilah tersebut. kenapa? ya tentu, pasti Kalian para pembaca sudah paham lah tentang istilah Root ini. dan buat pembaca yang masih bertanya-tanya tentang Apa sih Root itu? InfoWebTips akan menjelaskan sedikit tentang Root. Root adalah sebuah proses akan yang memberikan hak akses ataupun control secara penuh terhadap system seperti menambah, mengurangi, megubah data-data system  dan meng-Uninstal App bawaan. karena semua itu tidak dapat dilakukan pengguna jika smartphone Android mereka belum diRoot (masih dalam keadaan standart). oleh karena itu banyak pengguna smartphone android yang melakukan Root.
Lantas kenapa Developer system Android tidak mau meberikan Akses penuh sejak awal? Jawabannya sangat sederhana, karena developer ingin melindungi System Android secara penuh. kenapa? karena jika pengguna mengubah ataupun menghapus file yang kemungkinan sangat penting baik sengaja ataupun tidak. hal tersebut dapat menggangu kinerja system Operasi Android. untuk itulah Developer membatasi akses pengguna terhadap sytem Operasi android.

Oleh karena itu pada artikel ini InfoWebTips ingin memberikan Informasi tentang Resiko Melakukan Root Pada Android. Berikut ini adalah Beberapa Kemungkinan Resiko yang Akan Terjadi Jika para Pengguna Android Melakukan Root.

1.Hilangnya Garansi Smartphone
Jika kalian membawa Smartphone Android kalian yang sudah di Root ke Service Center atau Vendor karena mengalami kerusakan system baik yang disebabkan kesalahan pada saat melakukan Rooting ataupun tidak maka para vendor atau service Center tidak akan memberikan Garansi pada Smartphone kalian, meskipun Smartphone android kalian masih memiliki kartu Garansi yang aktif, dan Ini berlaku hampir pada semua Vendor smartphone Android. kenapa? karena Smartphone Android kalian tidak disediakan ataupun dilengkapi dengan fasilitas Root oleh para Distributor Smartphone Android.  

2.Masalah Keamanan
Jika kalian Sudah melakukan Root atau Rooting pada Smartphone Android kalian jangan mengeluh jika smartphone kalian memiliki masalah keamanan dan rentan terkena ataupun terinfeksi Virus. hal ini terjadi karena setelah melakukan prosses Root Firewall pada Smartphone kalian akan terbuka.

3.Mudah Terinfeksi Virus
Fasilitas Root pada Smartphone Android memang memberikan Akses lebih terhadap penggunanya seperti menginstal Aplikasi yang tidak Resmi atau tidak berlicensi. Bayangkan jika Developer applikasi yang tidak resmi dan tidak berlicensi tersebut memasukan Virus terhadap Aplikasi buatannya, maka dengan mudahnya virus tersebut menginfeksi Smartphone kalian. so berhati-hatilah dalam memilih Aplikasi.

4.Turunnya Performa Smartphone
Setelah diRoot smartphone Android memang kecapatan loadingnya meningkat, karena setelah melakukan Root Pengguna dapat meningkatkan kecepatan loading atau menambah kinerja smartphone Androidnya sampai maksimal. hal tersebut memang dapat membuat pengguna Smartphone Android lebih nyaman, namun dalam jangka panjang hal tersebut dapat berakibat buruk pada Smartphone Android kalian. karena biasanya System Android sebelum diRoot dibatasi kinerjanya dan setelah diRoot System tersebut dipaksa memaksimalkan  kinerjanya, hal inilah yang dapat menyebabkan performa kinerja smartphone Android kalian mengalami Penurunan. (Bayangkan jika itu kalian! lemes lemes dah! :p )

5.Mudah Error atau Hang
dalam keadaan Root Smartphone Android pasti mudah sekali Hang, ataupun Error, hal itu terjadi dikarenakan System yang secara terus menerus dipaksa melakukan kinerja secara maksimal atau bekerja lebih keras.

6.Mengalami Overheating (panas yang berlebih pada ponsel)
Root memang mebuat kinerja System Operasi Android lebih cepat dari biasanya, tapi Jangan kaget jika Smartphone Android kalian mengalami Overheating (panas yang berlebih pada ponsel). hal itu sangatlah wajar karena Rooting membuat Smartphone kalian memaksimalkan kinerja semua Hardwarenya dan hal itu terjadi secara terus menerus.  

7.Bootloop atau Matot (Mati Total)
Jika kalian melakukan Root pada Smartphone Android kalian, sebaiknya kalian mengikuti Prosedur dengan benar dan sesuai dengan spesifikasi Smartphone Android kalian. karena jika kalian mengalami kesalahan atau kegagalan dalam Prosses Root resiko yang paling ringan adalah mengulang Prosses dari awal dan mungkin akan memakan waktu yang cukup lama, sedangkan resiko yang paling berat menurut admin InfoWebTips adalah Bootloop (System Operasi Android kalian tidak mau menjalankan perintah Boot) dan Matot (Mati Total). Memang benar! jika Para pembaca ataupun Pengguna Android melakukan Rooting pada Smartphone Android kalian karena dapat meningkatkan kinerja system Operasi Android sampai batas maksimal, jika semua itu dilakukan dengan benar, jika tidak, yah mungkin kalian akan mengalami hal ini. so, berhati-hatilah kalian pada saat melakukan Proses Rooting.

Nah itulah beberapa Resiko ataupun Kerugian Melakukan Root Pada Smartphone Android yang admin InfoWebTips ketahui, karena Masih banyak -- yang lainnya dan jika kalian para pembaca ingin menambahkan --lainnya, kalian bisa menulisnya di kolom komentar.
Terimakasih sudah mau berkunjung Salam InfoWebTips.

33 comments

Wah info menarik, tapi sayang hh saya udh terlanjur root

yang nyesek tuh habis di root hp rusak T_T

Untung Android Samsung saya belum saya root.

wahh baru tau ane hh ane udah di root cara unroot nya gimana ya tau gak ?

That's great i think it's intesrting article

android gua setelah gua root, baterainya makin boros gan

menarik nih infonya

wahh nanti kalau mau ngeroot harus tunggu garansi habis dulu gan ane hehehe

bener gan hp an sering di root malah ic nya malah melemah, sekrang malah ga bs di pake lagi dah

Info nya sangat bermanfaat bro Tq ya

bener gan, biasanya kalo garansi ilang harga turun drastis

Wahhh, nyesel aku udah aku root androidku. gejalanya sama yang diatas gan.

waduuh ane pernah ngalamin tuh gan....
nice infonya....

untung selama ini HH pas diroot gk kena masala

nyesel tuh yg sudah pada root

Tambahin Gan , Mengatasi HP Yang BootLoop (Y)

banyak juga ya dampak burukya

wahh ternyata ada kekurangannya juga kalo di root :(

ane dulu pernah pake sony gan, nyoba di root, pas dibawa ke service centre ternyata ditolak karna garansinya hilang, akhirnya ane unroot, tapi tetep ditolak .. sedih

nice post, jadi bisa pikir lagi nih

jelas lah rugi ... soalnya root sendiri gak ada dasar keahlian ya jelas berbahaya,,

jelas lah rugi ... soalnya root sendiri gak ada dasar keahlian ya jelas berbahaya,,

bahaya nih :3 android gw udah di root lagi :3 gw baru tau ada kerugiannya, nice post gan

gax jadi diroood dah,,untung belum di root


EmoticonEmoticon